Senin, 14 Oktober 2013

Pengertian Class, Method, Constructor, Modifier & Object Pada Java

1.    Pengertian Class
Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. Class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh sintaknya:
[modifier1] class NamaKamar [modifier2]{
Class body;
2.    Pengertian Method
       Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object. Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Ada 4 (Empat) bagian dasar yang dimiliki metode antara lain:
1.Nama metode
2.Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.

Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri. Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi penting. Ini disebut overloading metode(proses yang berlebihan pada suatu metode).
Untuk menjalankan program yang memiliki sifat polymorphism tersebut, diperlukan suatu kemampuan overloading, yaitu suatu kemampuan untuk menentukan fungsi yang mana yang harus digunakan atau dijalankan jika terdapat nama fungsi yang sama. Polimorfisme bisa diartikan seperti kemampuan suatu variable untuk mengubah perangai sesuai dengan objek hasil instansiasi yang digunakan. Polimorfisme membiarkan lebih dari 1 objek dari sub class sub class dan diperlakukan sebagai objek dari super class tunggal.

Contoh:
Mahasiswa cowok = new anakSI();
cowok.methodKU( Bernaz );
Mahasiswa cewek = new anakTI();
cewek.mothodKU( Amelia );

3.    Pengertian Constructor
            Construktor adalah Constructor merupakan suatu method yang akan memberikan nilai awal pada saat suatu objek dibuat. Pada saat program dijalankan, constructor akan bekerja dengan constructor, hal mendasar yang perlu diperhatikan, yaitu :
1.      Nama Constructor sama dengan nama Class.  
2. Tidak ada return type yang diberikan kedalam Constructor Signature.
3.      Tidak ada return stetement, didalam tubuh constructor.

Contoh programnya dengan menghitung volum kotak.
class Kotak {
     double panjang;
     double lebar;
     double tinggi;

     //Mendefenisikan constructor dengan parameter
    kotak(double p, double l, double t) {
       panjang = p;
       lebar = l;
       tinggi = t;
      }
      double hitungVolume() {
        return (panjang * lebar * tinggi)
       }
}
class DemoConstructor2 {
       public static void main(String[] args) {
      
         kotak k1, k2;
         k1 = new kotak(4, 3, 2)
         k2 = new kotak (6, 5, 4)
       
      system.out.println(“volume k1 = “ + k1.hitungVolume() }
      system.out.println(“volume k2 = “ + k2.hitungVolume() }
     }
}   

4.    Pengertian Modifier
    Modifier  adalah kata,phrase , atau clause yang berfungsi sebagai adjective atau adverb yang menerangkan kata atau kelompok kata lain. Sebagai adjective dan adverb ketika  berfungsi  sebagai  adjective  ( dapat berupa simple adjective, adjective phrase, clause participle, infinitive ),  modifier  menerangkan  noun,  sedangkan  ketika  berfungsi   sebagai adverb  (  dapat  berupa  simple  adverb , adverb phrase, clause, preposition phrase,infinitive), kata ini menerangkan verb, adjective atau adverb lain.
Contoh Program Modifier
Public class bank balance
{
public String owner
public int balance

public bank_balance(String name, int dollars )
{
owner = name;

if(dollars > = 0)
balance = dollars;
else
dollars =0;
}
}

5.    Pengertian Object
       Object adalah  instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.
       Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class
yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();

hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date. Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai reference ke instance dari class Date().

6 komentar: